Senin, 05 Desember 2016

Kajian Sosiologi : "Sunmor" sebagai Ruang Publik (?)

Posted By: Novarisma Dee - 18.28
Novarisma Dee - Tinggal di Jogja? Pasti pernah mendengar Sunmor UGM, atau justru sering datang dan memadati bahkan menjadi pelanggan setia sunmor UGM. Sunmor adalah sebuah singkatan yang memiliki arti "sunday" "morning" atau dalam bahasa indonesia minggu pagi. Sunmor UGM adalah istilah untuk pasar minggu pagi di sekitar UGM, yaitu di sepanjang jalan lembah UGM sampai pada perempatan Sagan. Pada minggu pagi kawasan ini ditutup untuk kendaraan umum dan disulap menjadi area jual-beli masyarakat. Parkir pun padat merayap, masyarakat berkumpul memenuhi kawasan lembah dan penjual pun tumpah memadati ruas jalan. Sunmor mulai dibanjiri pengunjung dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Hal ini terus berlangsung setiap hari minggu. Demikian sebaliknya, kendaraan umum terpaksa tidak dapat melewati kawasan ini, karena kawasan ini ditutup, terlebih kendaraan mobil akan sulit melewati kawasan ini.

Sudut sunmor UGM

Jika jalan merupakan ruang publik, dimana letak ruang publik pada sunmor ?

Kali ini kita akan membahas ruang publik pada sunmor UGM. Apa yang dimaksud ruang publik? Ruang publik secara fungsi berarti ruang yang mampu dinikmati atau dimanfaatkan oleh semua orang, karena dalam ruang publik terdapat kepentingan umum, dan bukan lagi kepentingan kelompok atau pun kepentingan pribadi, contoh: jalan raya, taman, sekolah dimana banyak kepentingan umum di dalamnya. Demikian pula sebaliknya, ruang privasi adalah ruang internal yang hanya untuk kepentingan pribadi dan untuk memenuhi tujuan pribadi, contoh : rumah, apartemen, dsb. Sekarang pertanyaannya :

Apakah taman ruang publik ? iya, taman adalah ruang publik
Apakah reuni kelas di taman adalah kegiatan ruang publik? reuni kelas adalah privasi dan taman tetap ruang publik. Jadi jawabannya, kegiatan privasi di ruang publik. Dan taman menjadi Ruang Privasi untuk kelompok kelas yang melakukan reuni.
Demikian pula sebaliknya,
Apakah rumah ruang privasi? iyaa, rumah adalah rumah privasApakah rumah dengan acara perayaan 17 Agustus adalah kegiatan privasi? Rumah adalah privasi dan perayaan 17 Agustus adalah kegiatan ruang publik. Jadi Jawabannya, Kegiatan publik di ruang privasi. Dan rumah merupakan Ruang Publik dalam Perayaan 17 Agustus
Demikian pula dalam kegiatan sunmor UGM.
Jalan lembah adalah ruang publik, dan kegiatan jual-beli adalah kegiatan kelompok tertentu, kelompok penjual dan kelompok pembeli. Jadi Sunmor adalah ruang publik yang telah terprivasi oleh kelompok tertentu. Tetap menjadi ruang publik namun memiliki pembatasan fungsi.
Jadi ruang publik secara fisik tetap menjadi ruang publik, namun, fungsi ruang publik mampu berubah menjadi ruang privasi, ketika terdapat pergantian fungsi. Dari pembahasan ini, secara fisik sunmor adalah sebuah ruas jalan yang merupakan ruang publik, namun ketika menjadi sunmor yaitu hari minggu pagi mulai pukul 06.00-12.00 kawasan ini menjadi ruang privasi untuk kelompok tertentu, dan bukan lagi kawasan yang setiap kendaraan bebas berlalu lalang, kawasan yang tertib dengan tarif parkir dan sebagainya. Kepentingan ini pun akan hilang ketika lebih dari jam 12.00 dan kembali menjadi ruang publik yang menjadi jalan setiap kendaraan. Jadi sudah paham yaa, apa perbedaan ruang publik dan ruang privasi, perbedaannya ada pada fungsinya, bukan pada fisik. (06/12/16)


About Novarisma Dee

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Taman Sosiologi

Designed by